• 0823 5894 3300
  • pengaduandisdukcapil@gmail.com
  • Jl. G. Obos XI/Ir. Soekarno
    Palangka Raya 73111
    Kalimantan Tengah
    Indonesia

Artikel

Mengenal Sistem Pengenalan Wajah (Facial Recognition System)

Sistem pengenalan wajah adalah teknologi yang mampu mengidentifikasi atau memverifikasi seseorang dari gambar digital atau bingkai video dari sumber video. Sistem pengenalan wajah bekerja dengan beberapa metode, tetapi secara umum, sistem ini bekerja dengan membandingkan fitur wajah yang dipilih dari gambar yang diberikan dengan wajah dalam database. Sistem Ini juga digambarkan sebagai aplikasi berbasis Kecerdasan Buatan Biometrik (Biometric Artificial Intelligence) yang dapat secara unik mengidentifikasi seseorang dengan menganalisis pola berdasarkan tekstur dan bentuk wajah orang tersebut.

Read more: Mengenal Sistem Pengenalan Wajah (Facial Recognition System)

Smart City - Dampak Digital Pada Kota

Menurut Benoit RĂ©gent, Direktur dari Dentsu Aegis Change Prospective Department dan Profesor di Audencia Business School, dua sektor akan sangat dipengaruhi oleh teknologi baru dan oleh IoT (Internet of Things/objek-objek yang saling terhubung melalui internet), yaitu sektor kesehatan dan kota.

Kota-kota telah menyadari akan perubahan ini. Sebagai contoh, Kota Nantes, Prancis telah menciptakan Nantes CityLab dan sedang merancang Kota Nantes di masa depan. CityLab adalah sebuah even yang dibuat oleh Alliance Audencia-Centrale-ENSA yang dinamai Nantes City Lab.

Read more: Smart City - Dampak Digital Pada Kota

Apa itu Internet of Things (IoT)?

Dari rumah pintar dengan kulkas pintar, pemanas cerdas, dan alarm pencuri pintar, hingga teknologi yang dapat dipakai memonitor kesehatan, kebugaran, dan tidur Anda, sampai telepon pintar yang berkomunikasi dengan desktop, jam tangan pintar dan sistem hiburan di rumah Anda - Internet of Things (IoT) sudah ada di antara kita secara besar-besaran, dan akan semakin menyebarkan sulur teknologinya melalui aspek yang lebih luas dalam seluruh kehidupan kita, saat kita menuju masa depan yang sangat futuristik.

Read more: Apa itu Internet of Things (IoT)?

Mengenal Visi Jepang Society 5.0: Integrasi Ruang Maya dan Fisik

TEMPO.CO, Davos - Dalam Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia 2019 di Davos, Swiss, pada Rabu, 23 Januari lalu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menjelaskan visi baru Jepang, Society 5.0. Society 5.0, menurut Kantor Kabinet Jepang, didefinisikan sebagai sebuah masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik.

Read more: Mengenal Visi Jepang Society 5.0: Integrasi Ruang Maya dan Fisik