• 0823 5894 3300
  • pengaduandisdukcapil@gmail.com
  • Jl. G. Obos XI/Ir. Soekarno
    Palangka Raya 73111
    Kalimantan Tengah
    Indonesia

Mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19, Disdukcapil Kota Palangka Raya berinovasi dengan pengiriman Dokumen Kependudukan melalui Kantor Pos. Featured

15 April 2020 by Berita 2042 Views
Rate this item
(0 votes)

Palangka Raya – Di tengah ancaman semakin meluasnya penyebaran pandemi Covid-19, di mana Kota Palangka Raya sudah termasuk dalam zona merah penyebaran penyakit tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya terus berupaya melakukan berbagai inovasi guna tetap dapat memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.

Salah satu langkah cepat yang telah dilakukan oleh Disdukcapil Kota Palangka Raya adalah dengan menutup pelayanan secara offline (tatap muka) terhitung sejak tanggal, 23 Maret 2020, dan hanya membuka layanan secara online berbasis Whatsapp dan Web.

Langkah ini diambil guna mengantisipasi kemungkinan potensi terjadinya penumpukan massa di Disdukcapil Kota Palangka Raya dan juga dalam rangka melaksanakan gerakan Social Distancing.

Untuk penyerahan Dokumen Kependudukan yang selesai diproses kepada pemohon/masyarakat, Disdukcapil Kota Palangka Raya melakukannya dengan berbagai cara, yaitu selain dengan membagikannya secara langsung kepada masyarakat secara terbatas jumlahnya, juga melakukan pengiriman dokumen ke alamat pemohon/masyarakat bekerja sama dengan Kantor Pos Palangka Raya, serta ke depannya akan melakukan pengiriman dokumen ke alamat pemohon yang dilakukan oleh petugas dari Disdukcapil sendiri.


Petugas Kantor Pos mengambil dokumen kependudukan yang akan dikirim

Semua langkah di atas dilakukan guna memimalisir terjadinya kontak langsung antara petugas layanan dengan masyarakat, maupun antar sesama pemohon itu sendiri, sehingga diharapkan akan mampu meminimalisir potensi terjadinya resiko penularan Covid-19.

Ke depannya diharapkan pengiriman dokumen melalui kantor pos ini diupayakan akan terus dimaksimalkan, tidak hanya pada saat pandemi Covid-19 ini saja, tapi akan terus dikembangkan menjadi bagian dari layanan standar di Disdukcapil Kota Palangka Raya.