• 0823 5894 3300
  • pengaduandisdukcapil@gmail.com
  • Jl. G. Obos XI/Ir. Soekarno
    Palangka Raya 73111
    Kalimantan Tengah
    Indonesia

Seluruh Dokumen Kependudukan (Kecuali e-KTP dan KIA) Akan Dicetak Menggunakan Kertas HVS Putih A4 80 Gram Featured

29 July 2020 Admin Berita 1368 Views
Sumber Sumber https://indonesia.go.id/assets/img/content_image/1594893967_akta_kelahiran.jpeg
Rate this item
(0 votes)

Palangka Raya – Seluruh dokumen kependudukan (kecuali KTP-el dan KIA) mulai bulan Juli 2020 akan dicetak menggunakan kertas HVS putih ukuran A4 80 gram, dan tidak lagi menggunakan kertas sekuritas.

Sesuai dengan Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan Administrasi Kependudukan, mulai 1 Juli 2020 seluruh dokumen kependudukan wajib dicetak dengan menggunakan kertas HVS putih ukuran A4 80 gram, dan tidak boleh lagi menggunakan kertas sekuritas. Namun, hal itu dikecualikan untuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Hal ini dimungkinkan berkat adanya digitalisasi layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan pemberlakuan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang sudah diterapan sejak tahun 2019 yang lalu.

Meski hanya dicetak di selembar kertas dan tidak seperti sebelumnya yang menggunakan jenis kertas security printing berhologram antipemalsuan, dokumen itu tetap memiliki kekuatan hukum.

Kuncinya ada pada kode pemindai berbentuk quick response (QR) di pojok kanan bawah dari dokumen kertas yang telah dicetak mandiri dari rumah. Kode QR ini semacam tanda tangan elektronik sebagai penanda keaslian data dan pengganti tanda tangan dan cap basah yang dulu dicetak dengan security printing.

Lalu bagaimana jika ingin mengetahui data Anda palsu atau asli? Mudah saja. Cukup dekatkan kode QR ini dengan perangkat telepon seluler pintar (smartphone) dan aktifkan moda pemindai QR di masing-masing perangkat dan terhubung dengan laman situs www.dukcapil.kemendagri.go,id. Nantinya, melalui pemindaian ini akan ditampilkan data lengkap dari masing-masing anggota keluarga. Cara cek dokumen Adminduk

Bila dokumen tersebut asli maka dalam hasil pindai akan muncul tanda centang warna hijau dan tertulis dokumen aktif, Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemohon, nama pemohon dan nomor dokumen. Bila dokumen tersebut palsu atau tidak sesuai dengan yang ada dalam database maka akan muncul centang warna merah.


Contoh Dokumen yang dicetak dengan Kertas HVS Putih A4 80 gram